Mau Punya Apartemen Tanpa KPA? Coba Lakukan 4 Tips Ini


Mau Punya Apartemen Tanpa KPA? Coba Lakukan 4 Tips Ini

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk bisa memiliki apartemen adalah dengan memanfaatkan sistem KPA dari bank. Fasilitas ini memang bertujuan untuk membantu masyarakat memiliki hunian vertikal.

Tapi, tahukah Anda bahwa sebenarnya masih ada cara yang dapat dilakukan agar Anda bisa memiliki apartemen tanpa KPA.

Penasaran? Yuk, simak tips yang dilansir dari Olympic Residence di bawah ini.

Sewa Apartemen dari Pemilik Perorangan


Pertama, belilah apartemen milik perorangan. Tak seperti manajemen perusahaan yang memerlukan pemeriksaan kredit seperti Kredit Pemilikan Apartemen (KPA), pemilik perorangan akan membiarkan Anda menyewa tanpa KPA. Hanya saja, mereka mungkin akan meminta bukti stabilitas pendapatan per bulan Anda.

Buktikan Pendapatan


Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Anda harus memberikan bukti stabilitas pendapatan per bulan. Buktikan bahwa Anda tidak memiliki riwayat kredit yang buruk dan memiliki gaji yang stabil dan cukup untuk menutupi uang sewa apartemen.

Jika pendapatan tidak stabil, usahakan Anda memiliki saldo tabungan yang tinggi untuk membuktikan bahwa Anda mampu membayar sewa apartemen. Jumlah tabungan yang dibutuhkan bervariasi, tergantung pada tipe apartemen dan pemilik itu sendiri. Namun idealnya harus mencukupi dalam beberapa bulan pembayaran sewa.

Berikan Surat Referensi


Surat referensi akan memudahkan Anda untuk mendapatkan persetujuan dari pemilik unit. Misalnya dari atasan, dosen atau guru sekolah. Tips yang satu ini adalah cara baik untuk menunjukkan bahwa Anda adalah seorang pekerja keras dan bertanggung jawab dan tidak akan terlambat membayar uang sewa.

Gagal? Coba Dapatkan Co-Sign


Jika beberapa hal di atas gagal dan tidak ada pilihan lain, mintalah seorang teman dekat atau keluarga dengan kredit bagus untuk penandatanganan bersama. Namun Anda juga harus memahami, jika teman atau keluarga setuju, maka dialah yang akan bertanggung jawab atas pembayaran sewa jika Anda gagal membayar dalam waktu yang tepat. Untuk menjaga hubungan pribadi tetap utuh, selalu lakukan pembayaran secara penuh dan tepat waktu ya.

Itulah beberapa tips untuk sewa apartemen tanpal kredit. Semoga informasi di atas dapat membantu ya. Selamat mencoba!

Komentar