Rumah Sejuk Tanpa AC Bukan Mustahil. Ini Dia 6 Trik Untuk Mewujudkannya

Rumah sejuk tanpa AC

Tinggal di hunian yang sejuk menjadi impian bagi banyak orang. Apalagi jika Anda tinggal di kawasan kota yang udaranya terasa makin panas setiap harinya. Untuk mengatasinya, sebagian besar orang memilih untuk memasang pendingin udara (AC / Air Conditioner) di dalam rumahnya. Padahal, jika digunakan dalam jangka waktu panjang, penggunaan AC ini dapat menimbulkan masalah lingkungan lho.

Sebenarnya, masih ada cara lain yang dapat dilakukan untuk mendapatkan hunian yang sejuk. Penasaran? Yuk, simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui trik-trik menciptakan rumah sejuk tanpa AC.

Matikan Alat Elektronik

Matikan alat elektronik

Peralatan elektronik dapat menyebarkan udara panas di dalam rumah, apalagi TV dan komputer. Kedua barang ini merupakan penyumbang energi panas paling besar yang mengakibatkan naiknya suhu udara di dalam rumah. Maka dari itu, pastikan Anda mematikan serta melepas kabel peralatan elektronik tersebut dari stop kontak setelah menggunakannya.

Selain itu, kebiasaan membiarkan charger ponsel menempel pada stop kontak juga dapat membuat ruangan terasa panas lho. Hal ini disebabkan karena  kabel yang terpasang sebenarnya masih ialiri listrik sehingga memicu peningkatan suhu dalam ruangan.

Maksimalkan Ventilasi

Agar suhu udara di dalam ruangan tetap sejuk, pastikan bahwa Anda memiliki aliran sirkulasi udara yang baik. Anda bisa memaksimalkan ventilasi dengan membuat lubang angin agar aliran udara alami yang masuk dan keluar seimbang. Trik ini bisa menjadi solusi untuk hunian dengan langit-langit yang rendah untuk mendapatkan rumah sejuk tanpa AC.

Perhatikan Penggunaan Lampu

Penggunaan lampu

Trik selanjutnya untuk membuat rumah sejuk tanpa AC adalah mematikan lampu. Tahukah Anda bahwa sebenarnya semua lampu mengeluarkan panas, termasuk lampu berteknologi LED sekalipun. Nah, ada baiknya jika Anda mengganti semua bohlam dengan teknologi energi efisien dan ramah lingkungan. Selain itu, jangan biarkan ada lampu yang menyala di saat cuaca sedang terik agar Anda tidak semakin gerah di dalam ruangan.

Minimalkan Sinar Matahari Yang Masuk

Minimalkan sinar matahari yang masuk

Terik sinar matahari dapat menjadi penyebab meningkatnya suhu panas di dalam ruangan. Nah, untuk mengatasinya, pasanglah gorden atau tirai untuk menutup jendela. Selain itu, Anda juga bisa memasang kaca film sebagai filter cahaya untuk membantu mengurangi jumlah cahaya yang masuk.

Jaga Sirkulasi Udara

Trik lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan meletakkan interior yang dapat menjaga sirkulasi udara. Misalnya, menempatkan tanaman indoor dekat alat elektronik untuk membantu menyerap zat berbahaya disekitarnya.

Buat Pendingin Udara Buatan

Buat pendingin udara buatan

Trik terakhir untuk mendapatkan rumah sejuk tanpa AC adalah dengan menyulap kipas angin meja menjadi AC. Caranya, letakkan semangkuk air es / es batu di depan kipas. Setelah itu, biarkan butiran air dingin tertiup oleh kipas. Trik ini ampuh untuk membuat ruangan menjadi lebih sejuk lho.


Itu dia trik-trik yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan rumah sejuk tanpa AC. Tidak sulit ‘kan? Kini Anda dapat lebih bersahabat dengan lingkungan deh. Selamat mencoba!

Komentar