Simpel dan Murah, Begini Tips Mengurangi Kebisingan di Rumah



Setelah lelah beraktifitas seharian, pastinya Anda membutuhkan istirahat ‘kan? Tapi sayangnya, mendapatkan waktu istirahat yang berkualitas tidaklah mudah karena selalu terganggu oleh kebisingan. Apalagi jika rumah berada di lokasi yang ramai. Apakah Anda sering mengalami hal ini?

Banyak orang enggan memasang alat peredam suara. Bentuknya yang menyerupai bantalan busa dinilai merusak estetika ruangan. Karena pindah tempat tinggal bukanlah pilihan yang tepat bagi banyak orang, Anda bisa mencari cara mengurangi kebisingan sebagai alternatifnya.

Nah, ternyata cara mengurangi kebisingan bisa dimulai dari interior rumah lho. Penasaran? Yuk simak selengkapnya.

#1 Meletakan Furnitur dengan Benar

Percaya atau tidak, penempatan furnitur dapat mempengaruhi berapa banyak suara yang bisa Anda dengar dari luar. Misalnya, menempatkan rak buku tebal di dinding bisa membantu meredam kebisingan.

#2 Tambahkan Karpet

Memasang karpet lantai dapat mengurangi suara dari kaki yang melangkah di sekitar ruangan. Jika Anda tinggal di apartemen, maka pilihan terbaik cobalah meletakkan permadani besar dan tebal. Letakkan karpet cukup di beberapa titik saja.

#3 Aplikasikan Cat Peredam Suara

Ya, ternyata ada cat yang berfungsi mengurangi kebisingan dari luar ruangan. Meski masih terdengar langka, namun ada perusahaan cat yang mulai memproduksi cat ini. Cat tersebut diformulasikan khusus untuk melapisi dinding dan mengurangi kebisingan sampai 30%.

#4 Gunakan Gorden Tebal

Jika Anda menggunakan gorden tebal (seperti brokat bermotif, beludru ataupun wol), selain berfungsi mencegah cahaya matahari masuk ke dalam ruangan, ternyata ini juga efektif sebagai cara mengurangi kebisingan.

#5 Mengganti Pintu

Apakah tempat tinggal Anda memakai pintu bermotif lekukan atau pintu geser kayu? Jika ya, sebaiknya singkirkan mulai sekarang. Kenapa? Menurut Asosiasi Nasional Pintu dan Jendela Kayu, pintu dengan desain solid lebih tenang dibandingkan pintu dengan hiasan berukir.

Bagaimana, mudah kan membuat ruangan kedap suara? Selain membuat ruangan tampak stylish, Anda bisa lebih mudah mendapatkan tidur yang berkualitas.

Komentar