5 Tips Sewa Apartemen Demi Mendapatkan Unit Yang Tepat!

Tinggal di apartemen memang sudah menjadi keinginan banyak orang. Apalagi letaknya yang sangat strategis dengan aktivitas keseharian, hal ini menjadi alasan utama kenapa kebanyakan orang mengidam-idamkan tinggal di apartemen.

Tapi sayang, harga apartemen yang kian hari kian meningkat, membuat banyak orang memutar otak untuk bisa menikmati apartemen. Biasanya salah satu jalan yang ditempuh demi menikmati hunian apartemen adalah dengan cara menyewa.



Ketika kalian akan memilih jalan ini untuk memiliki hunian, ternyata hal ini sama seperti membeli apartemen, banyak sekali aspek yang perlu kalian perhatikan yang tentunya agar tidak menyesal dikemudian hari. Nah berikut tips sewa apartemen yang bisa kalian jadikan panduan:

1. Sesuaikan dengan Budget

Penawaran sewa apartemen memang banyak, tapi dari sekian banyak penawaran apakah sesuai dengan budget yang ada di kantong? Nah, untuk itulah kalian harus memperhatikan masalah ini, agar nantinya tidak ada kendala kedepannya.

Perlu kalian ketahui, jika kemampuan budget di sini bukan hanya semata-mata sanggup membayar sewa bulanan saja tapi juga biaya-biaya lainnya. Tentunya perhitungan budget yang akurat penting untuk dilakukan. Apabila tidak, tentunya akan mengakibatkan hal yang patal seperti banyaknya tunggakan bahkan terusir dari apartemen. Untuk itu, sebelum pindah ke apartemen sewaan, sesuaikanlah dengan budget yang ada dan buatlah perencanaan anggaran terlebih dahulu.

2. Pilih Lokasi yang Tepat

Demi memudahkan mobilitas keseharian kalian, pilihlah lokasi apartemen yang tepat. Misalnya dekat dengan kantor, sekolah, rumah sakit, transportasi umum, dan lainnya. Untuk poin ini jangan kalian tinggalkan ya!


3. Cek Unit dengan Seksama

Lakukan pengecekan unit terlebih dahulu yang akan kamu sewa. Lihat kondisinya seperti apa dari unit tersebut. Misalnya cek saluran air dan toilet apakah bisa digunakan dengan baik, periksa juga listrik, lampu, pendingin ruangan, dan lain sebagainya.

Selain di dalam area unit, kalian pun perlu melakukan pengecekan di area apartemen seperti lorong-lorong apartemen.  Lihat apakah pengelola menyediakan alat pemadam, tangga darurat, maupun fasilitas pendukung lainnya. Jangan sesekali kalian mendatangi unit yang menjadi contoh.

Dokumentasikanlah ketika kalian melakukan pengecekan unit agar nantinya bisa jadi bahan untuk menegosiasikan dengan pengelola atau pemilik apartemen. Sebisa mungkin bila ada kerusakan sebelum menempati maka itu menjadi tanggung jawab pemilik. Yang tak kalah penting, pastikan sinyal ponsel bisa diterima dengan baik di dalam unit apartemen.

4. Furnished / Unfurnished?

Setelah melakukan pengecekan dan dirasa sudah sesuai dengan harapan, makan tips selanjutnya adalah mempertimbangkan interiornya terutama dalam hal furnitur. Memang sih, memiliki apartemen dengan furnitur bisa jadi pilihan ideal meskipun kalian sudah memiliki furnitur.

Jika pemilik menawarkan unit apartemen dengan furnitur, maka manfaatkanlah! Jika memang kalian sudah memiliki furnitur sebelumnya tentunya hal ini bisa digunakan untuk menutupi uang sewa dengan cara menjual furnitur yang sudah dimiliki.

5. Buat Perjanjian Sewa

Hal ini tentu perlu kalian perhatikan. Buatlah perjanjian sewa yang isinya seperti berikut ini:


  • Jumlah uang sewa,
  • Masa jangka waktu sewa,
  • Biaya-biaya,
  • Siapa yang bertanggung jawab terhadap kerusakan,
  • Fasilitas apa saja yang menjadi hak penghuni, dan lain sebagainya.


Buatlah surat perjanjian ini rangkap dua, yang mana masing-masing pihak akan memegangnya. Tak ketinggalan dibubuhi materai secukupnya. Dengan adanya surat perjanjian ini maka secara langsung menjadi bukti legal menghuni unit apartemen.

Nah, begitulah tips sewa apartemen yang bisa kalian jadikan panduan. Sebelum memutuskan pada satu pilihan, cobalah cari kandidat pilihan unit sewa lainnya agar nantinya kalian mendapatkan unit sesuai harapan. Selamat berburu unit apartemen.

Komentar