Penting! Perhatikan Rasio Parkir Saat Membeli Apartemen

Lahan parkir kerap kali menjadi permasalahan bagi penghuni apartemen atau rumah susun dan tentunya permasalahan ini dikeluhkan mereka yang memiliki kendaraan. Hal ini memang terlihat sepele, namun akan berdampak besar pada aktivitas Anda.


Bayangkan saja, jika untuk parkir di apartemen saja Anda harus mengantri begitu panjang, setelah itu harus  mencari lahan parkir. Pastinya hal tersebut dapat menyita banyak waktu Anda bukan? Bagi Anda yang sedang mencari apartemen sebagai hunian, maka perhatikanlah hal ini, rasio parkir yang pengembang sediakan.

Agar saat nanti tidak salah memilih apartemen dengan ketersedian parkir yang sempit dan tidak memadai, maka ketahuilah beberapa hal berikut ini mengenai lahan parkir pada gedung apartemen:

Ternyata lahan parkir yang baik sudah ditetapkan oleh pemerintah kita, yaitu Dinas Penataan dan Pengawasan Bangunan yang  menetapkan rasio parkir apartemen adalah 25 meter persegi untuk satu buah mobil. Satu mobil (sedan/van/pick up) minimum lebarnya 2,25 meter dan panjang 4,5 meter pada posisi tegak lurus. Sedangkan untuk parkir sejajar, minimum lebar 2,25 meter dan panjang 6 meter.

rasio-parkir-apartemen

Selain luasan parkir, Dinas Penataan dan Pengawasan Bangunan pun menyatakan, bahwa Apartemen yang baik memiliki rasio parkir minimum 1:1, di mana setiap unit apartemen disediakan paling tidak satu spot parkir, tergantung jumlah luasannya. Berbeda dengan apartemen, rumah susun memiliki rasio parkir 1:10.  Tapi tentu saja, semakin banya area parkir di apartemen tentunya akan semakin baik.

Daftar spot parkir mobil menurut luas lantai bangunan adalah:

  • Kurang dari 50 meter persegi: 1 mobil/ 5 unit hunian
  • Luas 50-150 meter persegi: 1 mobil/ 2 unit hunian
  • Lebih dari 150 meter persegi: 1 mobil/ 1 unit hunian

Selain hal yang ada di atas, standar kebutuhan parkir lainnya pada apartemen yang perlu Anda perhatikan adalah keberadaan pintu masuk parkir. Semakin banyak pintu masuk parkiran, maka akan semakin baik karena dapat menghindari kemacetan saat akan parkir. Begitu pula dengan posisinya, memudahkan untuk keluar masuk kendaraan atau tidak.

Selanjutnya yang perlu Anda perhatikan juga adalah biaya parkir. Beberapa gedung apartemen tidak memberikan fasilitas parkir secara Cuma-Cuma. Melainkan ada sejumlah apartemen yang menetapkan biaya parkir bulanan yang dibebankan kepada penghuni apartemen.

Oleh karena itu, ketika akan membeli atau sewa apartemen, Anda harus lebih jeli dan aktif bertanya kepada pengembang apakah nantinya ada biaya parkir tambahan di luar maintenance bulanan dan yang sangat disarankan, carilah apartemen dengan biaya parkir yang terjangkau dan murah, tetapi tidak mengurangi kualitasnya.




https://www.olympicresidence-sentul.com/article/gaya-hidup/mau-beli-apartemen-perhatikan-juga-rasio-parkirnya

Komentar