Mana Yang Harus Didahulukan? Beli Rumah Atau Beli Mobil?

beli rumah atau beli mobil?


Rumah dan mobil. Kedua hal ini sebenarnya memberikan banyak manfaat. Karena itulah banyak orang bermimpi untuk bisa mempunyai keduanya sekaligus. Namun, tidak semua orang memiliki kecukupan dana untuk membeli mobil beserta rumah sehingga harus memilih untuk membeli salah satunya.

Lalu, mana yang harus didahulukan? Beli rumah dulu? Atau beli mobil dulu?

1.     Beli rumah dulu
Sebelum memutuskan untuk membeli rumah, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah kebutuhan. Seberapa butuhkah Anda terhadap hunian? apakah Anda membeli rumah sebagai tempat tinggal atau sebagai investasi? Jika Anda adalah pasangan yang baru saja menikah, tentu tidak masalah jika harus membeli sebuah hunian.

Hal kedua yang harus dipertimbangkan adalah harga. Rata-rata harga rumah, apalagi di Jakarta, berada di kisaran Rp 400 juta. Karena harganya yang tinggi, maka cicilan yang harus Anda bayar pun juga tinggi. Nah, sebelum membuat keputusan, pastikan bahwa Anda memiliki cukup kemampuan untuk membayar cicilan rumah per bulan.

2.     Beli mobil dulu
Sama seperti di atas, sebelum memutuskan untuk membeli mobil, cari tahu seberapa butuhkah Anda terhadap hal ini. Apakah Anda membelinya untuk memenuhi keperluan pribadi atau untuk mencari penghasilan tambahan?

Jika mobil digunakan untuk keperluan pribadi seperti transportasi ke tempat kerja, coba cari tahu apakah terdapat alternatif lain, misalnya angkutan umum atau fasilitas jemputan dari kantor. Jika tersedia, maka kebutuhan Anda terhadap mobil tidak tidak terlalu besar.

Jika mobil digunakan untuk mencari penghasilan tambahan, proyeksikan potensi keuntungan yang akan Anda dapatkan nantinya. Apakah hasilnya akan cukup untuk menutup biaya cicilan per bulan, bahan bakar, dan perawatan. Jika ternyata hasilnya menjanjikan, maka tidak ada salahnya untuk membeli mobil.

Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan masalah harga. Harga mobil memang lebih murah daripada harga rumah. Namun, Anda tentu harus tetap memperhitungkan biaya bulanan yang harus dikeluarkan jika memutuskan untuk membeli mobil.

Jadi, mana yang harus didahulukan?
beli rumah

Dilihat dari keuntungan yang akan didapat di masa depan, akan lebih baik jika Anda membeli rumah lebih dulu. Properti setiap tahun selalu mengalami kenaikan, termasuk rumah. Hal ini tentu sangat menguntungkan jika rumah dijadikan sebagai investasi jangka panjang. Berbanding terbaik dengan mobil yang justru mengalami penyusutan. Selain itu, rumah dapat diwariskan ke anak cucu sementara mobil tidak.


Membuat keputusan untuk membeli rumah atau mobil tentu bukan perkara yang mudah. Anda harus membuat keputusan sematang mungkin agar nantinya tidak menyesal.

Komentar