Yakin Mau Investasi Properti? Anda Harus Miliki Kriteria Hunian Ini!

Investasi, suatu hal yang kini tidak tabu lagi di kalangan masyarakat, apalagi di masyarakat kekinian dan dunia bisnis. Investasi kini sudah menjadi bisnis, khususnya bagi mereka yang memiliki banyak modal dan bahkan peminatnya masyarakat biasa pun tertarik dengan model bisnis ini, pasalnya Jika dikelola dengan baik, maka bisnis ini akan sangat menguntungkan dan banyaknya objek yang bila diinvestasikan memiliki profit sangat tinggi. Salah satunya investasi properti.


Mengapa harus properti? Menyadari hal ini, sektor properti sepertinya tidak akan pernah mati. Nilai investasi yang ditawarkannya pun terus cenderung menanjak yang pastinya akan mendatangkan keuntungan berkali-kali lipat. Jika dilihat dari jenis propertinya, investasi yang tepat, aman dan menguntungkan adalah berinvestasi pada apartemen.

Kenapa Apartemen? Karena investasi properti adalah penanaman modal/uang/kemampuan Anda ke dalam pengembangan properti. Di mana harga apartemen ini setiap tahunnya mengalami peningkatan dan peminatnyapun semakin-hari semakin banyak dan Anda dapat mengembangkan apartemen tersebut dengan cara menyewakan atau menjualnya setelah beberapa tahun. Tentunya hal ini akan lebih menguntungkan, jika dilihat dari kondisinya. 

Banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi minat konsumen dalam memilih apartemen. Salah satu faktor utamanya adalah akses lokasi. Namun, semakin strategis sebuah apartemen maka semakin mahal pula harganya. Tak hanya itu, banyak faktor lain yang mempengaruhi minat pembeli, diantaranya:

1. Daerah Bebas Banjir

Sudah kita ketahui bahwa kebanyakan lokasi apartemen berada dipusat kota dan biasanya mengadung sejumlah masalah salah satunya adalah bencana banjir. Tentunya hal ini sangat perlu Anda perhatikan ketika akan memilih sebuah hunian yang akan di jadikan investasi. Jadi, pilihlah apartemen didaerah yang terbebas dari bencana banjir.

2. Dekat Jalan Tol

Faktor yang kedua adalah dekat jalan tol, pilihkan lokasi yang memiliki kriteria seperti ini. Tentunya hal ini akan membantu Anda dalam melakukan mobilitas kesehatia, apalagi jika Anda sering pergi ke luar kota atau lokasi kerja yang lebih dekat apabila di jangkau dengan jalan tol. Pertimbangan lainnya adalah, hunian yang memiliki akses yang mudah tentunya setiap tahun harganya akan meningkat dan pastinya investasi Anda akan untung berkali lipat dan dengan kriteria seperti ini tentunya apartemen Anda banyak diminati.

3. Dekat Fasilitas Umum

Faktor ini juga tak kalah penting untuk di perhatikan! Apartemen yang berada dekat dengan fasilitas umum seperti rumah sakit, sekolah dan pusat perbelanjaan tentunya sangat diminati pembeli. Pasalnya faktor ini akan menunjang kehidupan keseharian.

4. Lingkungan Yang Aman

Faktor terakhir adalah keamana, pastinya semua pemilik apartemen menginginkan hunian yang berada di lingkungan aman, tingkat kejahatan rendah, juga minimnya aksi vandalisme dan huru-hara bukan? Untuk itu, pilihlah apartemen yang dengan lingkungan yang aman serta memiliki pengamanan yang ketat.

Jadi, apabila Anda berencana untuk investasi apartemen, pilihlah apartemen yang memenuhi syarat-syarat di atas karena dipastikan memiliki banyak peminat. Tapi tunggu dulu, sebelum Anda memulai investasi properti pastikan Anda sudah memahami risiko dan kelemahan dibalik keuntungan investasi apartemen yang ditawarkan. Karena modal yang Anda keluarkan tidaklah sedikit. 

Berikut ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan sebelum memutuskan investasi properti untuk pemula.

1. Gelembung Properti

Poin yang satu ini di kenal juga dengan istilah property bubble. Hal ini ditandai dengan melonjaknya harga perumahan akibat meningkatnya permintaan dan spekulasi. Tapi, apa jadinya jika jumlah permintaan tidak seimbang dengan jumlah pasokan? Misalnya, permintaan pasar hanya sedikit namun pasokan unit properti berlebihan, hal ini akan membuat harga properti semakin menurun.

2. Modal Besar

Sudah tidak bisa dipunggkira lagi, jika investasi properti merupakan investasi padat modal alias memakan modal besar. Maka dari itu Anda perlu mempersiapkannya secara matang karena pada prinsipnya semakin besar modal yang ditanamkan dalam properti, relatif semakin besar pula hasil yang didapatkan investasi properti tersebut.

3. Status Tanah dan Bangunan

Pastikan bahwa properti yang Anda incar sudah sesuai dengan aturan dan perizinan yang berlaku. Jangan sampai anda berinvestasi pada properti yang masih dalam status sengketa. Selain membuang waktu untuk mengurus lewat notaris dan pengadilan, modal yang dikeluarkan juga akan tambah membengkak.

4. Penyusutan Bangunan

Investasi properti yang berbasis pada tanah dan bangunan, walaupun dari tahun ke tahun meningkat, hal ini tidak berlaku bagi kualitas properti itu sendiri. karena Setiap tahun, sebuah bangunan pasti akan mengalami penyusutan fungsi, misalnya dalam bentuk ketahanan dan kekokohan bangunan. Maka dari itu sebelum proses pembangunan properti ini harus benar-benar diperhatikan dan memperhitungkan kualitas bahan baku bangunan, di samping harga atau modal awal. Hal ini berbeda dengan tanah yang memiliki umur panjang alias abadi.

5. Hancur Bila Terjadi Bencana Alam

Investasi properti bisa dibilang jenis investasi yang cukup rawan, apabila terjadi  bencana alam, baik gempa, tanah longsor, tsunami atau kecelakaan yang disengaja dan lainnya. Risiko ini bisa mulai dari risiko ringan hingga risiko berat. Meskipun properti Anda didaftarkan dalam asuransi, namun ada pengorbanan lain yang harus dilakukan yaitu waktu yang mungkin tidak sebentar sehingga pemilik modal harus mengkalkulasi kembali modal dan jangka waktu terkait dengan keuntungan yang seharusnya didapat.

Begitulah kriteria hunian yang wajib Anda incar sebagai investasi dan pahami juga kelemahan dari investasi properti. Jangan sampai Anda menyesal dikemudian hari!

Komentar