Tips Merawat Rumah Agar Selalu Bersih Dan Sehat

Tips Merawat Rumah Agar Selalu Bersih Dan Sehat

Nilai-nilai kebersihan memang harus ditekankan dalam kehidupan. Di masyarakat, banyak ungkapan yang menunjukkan arti penting dari kebersihan dan kesehatan. Seperti ungkapan pribahasa di masyarakat, ``Bersih Pangkal Sehat``. Artinya, lingkungan yang bersih akan memberikan dampak kesehatan bagi para penghuninya. Ada ungkapan bahasa latin yang sudah sangat populer di masyarakat, yaitu Mens Sana In Corpore Sano, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Rumah sebagai tempat tinggal sudah sepatutnya dijaga kebersihannya. Karena kebersihan merupakan pintu terciptanya sebuah lingkungan yang sehat. Bagaimana mungkin kita menemukan sebuah rumah yang sehat sementara di dalamnya banyak sampah berserakan, udara yang berbau tidak sedap, serta banyak genangan air yang memicu banyak nyamuk bertelur di dalamnya?

Nah, salah satu syarat rumah sehat adalah adanya ventilasi udara yang baik. Sirkulasi udara yang buruk akan membuat ruangan menjadi pengap dan lembab. Hal ini akan mengundang berbagai kuman penyakit hidup di dalam ruangan. Kini, sudah ada teknologi yang dapat membantu menjaga ruangan terbebas dari kuman, yaitu Air Conditioner (AC). Meski demikian, kebersihan AC juga perlu diperhatikan agar tidak menjadi sarang kuman penyakit.

Karena itulah, sudah seharusnya kita merawat dan menata rumah sebaik-baiknya. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga rumah tetap bersih dan sehat.

1. Sediakan Tempat Sampah

Sediakan Tempat Sampah
Menjaga kebersihan rumah dimulai dari menyediakan tempat pembuangan sampah. Tak ada salahnya jika Anda meletakkan sebuah tempat samapah kecil pada ruang tidur, kamar mandi, atau ruang kerja.

Adanya tempat sampah di ruangan-ruangan tersebut akan mengingatkan Anda dan keluarga agar disiplin untuk membuang sampah pada tempatnya. Selain itu, menyediakan tempat sampah pada ruangan-ruangan tertentu juga memudahkan saat akan membuang sampah.

2. Buang Sampah Pada Tempatnya

Seperti yang sudah dijalaskan di atas bahwa Anda dan keluarga harus benar-benar berkomitmen untuk menjaga kebersihan dan kesehatan rumah. Salah satu caranya adalah dengan membuang sampah pada tempatnya. Apa gunanya tempat sampah yang disediakan di semua sudut jika Anda tetap membuang sampah sembarangan? Karena itulah, buatlah kesepakatan bersama untuk membuang sampah pada tempatnya dan jadikan hal tersebut sebagai kebiasaan.

3. Gunakan Cairan Pembersih Kuman

Berbagai kuman penyakit tidak mampu terlihat dengan mata. Oleh karena itu, bersihkanlah rumah Anda dengan cairan pembersih kuman pada tempat-tempat penuh kuman, seperti kamar mandi, wastafel, dan tirai kamar mandi. Hal ini untuk menjaga agar rumah terbebas dari kuman penyakit. Beberapa cairan pembersih juga sudah banyak mengandung aroma terapi. Hal ini dapat memberikan suasana nyaman yang Anda inginkan.

4. Tata Kembali Barang Setelah Selesai Digunakan

Barang-barang yang telah digunakan sebaiknya diletakkan kembali pada tempatnya. Tatalah perkakas rumah Anda, seperti sapu, lap, kemoceng dan penghisap debu pada tempatnya. Dengan demikian, rumah Anda akan tampak rapi.

5. Hindari Menghalangi Jalur Udara

Hindari Menghalangi Jalur Udara
Jendela atau ventilasi pada rumah berfungsi sebagai sarana keluar-masuknya aliran udara. Jika Anda menghalanginya, maka sirkulasi udara di rumah akan terasa tidak sehat. Letakkan lemari atau ranjang tempat tidur pada posisi yang tidak menghalangi jendela, sehingga udara segar dari luar dapat mengalir masuk dan udara kotor dari dalam dapat keluar dari ruangan.

6. Buat Jadwal Kebersihan

Buatlah sebuah program kecil di rumah berupa kerja bakti membersihkan ruangan dan pekarangan. Kerja bakti ini dapat dilakukan seminggu sekali, sebulan dua kali, atau sesuai dengan keperluan dan keinginan. Apabila program ini diagendakan secara rutin dan dilakukan dengan baik, maka rumah yang bersih dan sehat akan tercipta.

7. Membayar Iuran Kebersihan Lingkungan

Sampah hasil rumah tangga ada yang bersifat dapat didaur ulang dan adapula yang tidak. Pisahkanlah kedua jenis sampah tersebut pada wadah yang berlainan. Selanjutnya, para pekerja pengumpul sampah di lingkungan Anda akan mengambilnya untuk dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Bayarlah iuran kebersihan atas jasa mereka. Pembayaran yang sesuai dan tepat waktu akan menjaga mereka tetap bekerja secara profesional. Bayangkanlah jika sampah-sampah hasil rumah tangga Anda tidak diangkut dalam beberapa hari, tentu hal ini akan membuat sampah-sampah membusuk dan mengeluarkan bau tak sedap. Alhasil lalat dan kuman penyakit jadi hinggap ke rumah Anda.


Itulah beberapa tips menjaga rumah tetap bersih dan rapi. Semoga tips di atas dapat memberikan gambaran arti penting kebersihan dan kesehatan. Yuk, selalu jaga kebersihan rumah. Salam Bersih dan Sehat!

Komentar